Jln. Condet Pejaten No. 17 B, Jakarta Selatan

Tlp/Fax : (021)79183262

Mobile : 0813 1757 4500

Email : mitraseni_indonesia@yahoo.com / info@mitraseniindonesia.com

MSI Berhasil Gerakan Lima Sanggar Tradisional Terdampak Pandemi

MSI Berhasil Gerakan Lima Sanggar Tradisional Terdampak Pandemi

JAKARTA - Mitra seni Indonesia (MSI) kembali menggerakan 5( lima) seni Panggung Tradisional dan pekerja seni yang terhenti akibat Pandemi Covid 19.

Mitra Seni Indonesia sebagai wadah pencinta dan penggiat Seni di Indonesia tahun 2020 lalu berhasil menyelenggarakan Pagelaran Amal Ludruk Mitra Seni Indonesia. Hasil dari Pagelaran Amal ini berhasil digulirkan kembali guna menggerakan pekerja seni yang terhenti akibat pandemi.

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia (MSI) Sari Ramdani memaparkan hal tersebut dalam laporannya pada Rapat Umum Anggota tahunan yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (26/3/2021)

Dalam paparannya, Sari Ramdani menegaskan ditengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi,Mitra Seni Indonesia tetap beraktivitas meski secara virtual.

Kelima sanggar tersebut yang kini dapat berpartisipasi adalah Sanggar Seni Teater Makyong yang merupakan kesenian Tradisional Riau berupa seni tari teater yang diiringi musik tradisional, Kita Art Tradisional dari Bali yang merupakan seni tari Bali kontemporer, Ketoprak Bakti Budaya Sleman yang menggelar ketoprak secara kreatif, Ludruk Budaya Irama Surabaya, Sanggar Seni Astari Pangkal pinang," katanya.

Menurut Sari Ramdani, pagelaran tersebut akan ditayangkan  secara virtual melalui youtube Mitra Seni Indonesia di mulai bulan April 2021 pada saat merayakan Hari Kartini sebagai Pagelaran Amal yang hasilnya akan digulirkan kembali untuk membantu Kelompok seni pertunjukan yang terdampak pandemi covid 19.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakan rasa cinta dan peduli masyarakat Indonesia terhadap seni budaya Indonesia terutama generasi muda.

lebih lanjut ditegaskan Ketua Umum MSI dalam suasana Pandemi selama tahun 2020 MSI juga telah berhasil mengembangkan berbagai aktivitas lainnya seperti pembentukan MSI kuliner, peringatan hari batik nasional ,serta berbagai pelatihan rutin yang dilakukan secara virtual diantaranya pelatihan Angklung, tangklung, paduan suara .

Mitra Seni Indonesia hingga saat ini memiliki 21 jenis pelatihan seni dengan anggota 800 orang.

Pada kesempatan Rapat Umum Anggota  kali ini yang merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Anggaran Dasar MSI untuk melaksanakan pertanggung  jawaban dihadapan anggotanya diberikan penghargaan tertinggi dari MSI kepada para pelatih Mitra Seni Indonesia/MSI  yang berprestasi diantaranya Dulcyana Pahlevi Pahlawani Pieters mendapat piagam penghargaan Tertinggi Abhinaya Nispatti yang merupakan penghargaan kepada anggota dan pelatih seni yang telah berkecimpung 10 tahun dan berprestasi ditingkat Nasional maupun internasional.

penghargaan tertinggi MSI juga diberikan kepada Djaka Muhammad Burhan memperoleh piagam Aryaguna Sadara Karya yaitu penghargaan tertinggi kepada individu, konunitas, sanggar yang telah 25 tahun berkecimpung dalam bidang seni dan budaya Indonesia.

Rapat Umum Anggota (RUA) yang diadakan satu tahun sekali dihadiri anggota dan pengurus .(ANP) 

https://mnctrijaya.com/news/detail/41992/msi-berhasil-gerakan-lima-sanggar-tradisional-terdampak-pandemi

 

About Author

Mitra Seni Indonesia

Mitra Seni Indonesia disingkat MSI adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik yang merupakan wadah bagi yang peduli/pemerhati/pecinta/pelaku seni rupa dan kesenian pada umumnya. Selengkapnya >